META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SEKOLAH DASAR

SOLEHA, FIKRIYATUS (2021) META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SEKOLAH DASAR. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210016_abstract.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29143.html

Abstract

Pembelajaran merupakan jalinan antara peserta didik dengan guru serta sumber daya di lingkungan belajar. Model pembelajaran memiliki peran penting untuk mencapai hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar PKn Sekolah Dasar dari berbagai artikel penelitian. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian meta analisis. Sumber data berasal dari jurnal ilmiah yang diperoleh dari google scholar dengan kata kunci Contextual Teaching and Learning, hasil belajar PKn di SD. Penelitian didesain dengan menganalisis beberapa hasil penelitian relevan dengan mecermati gain skor hasil belajar PKn antara pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran CTL adalah 64.88, setelah diterapkan model pembelajaran CTL mengalami peningkatan sebeasar 81.77. Selisih antara pretest dan posttest adalah 16.89. Penggunaan model pembelajaran CTL memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar PKn Sekolah Dasar.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAkhwani, AkhwaniNIDN0719039101akhwani@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: CTL, hasil belajar, PKn, Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:54
Last Modified: 12 Apr 2023 08:06
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7373

Actions (login required)

View Item View Item