MAULIDA, DINA
(2021)
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS 3 SDN CELEP SIDOARJO MELALUI GRUP WHATSAPP.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan dan
hambatan mengenai implementasi pembelajaran daring melalui grup whatsapp
pada siswa kelas 3 SDN Celep Sidoarjo . Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang memaparkan dan mendapatkan
hasil penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian yang dilakukan melalui observasi
,dokumentasi, dan wawancara wali murid peserta didik kelas 3 SDN Celep
Sidoarjo menghasilkan data bahwa implementasi pembelajaran daring melalui
grup whatsapp dapat diketahui tingkat proses pembelajaran yang dilakukan
secara daring melalui grup whatsapp pada siswa kelas III SDN Celep Sidoarjo
tergolong “Belum Efektif”, Dapat dikatakan belum efektif karena terdapat
hambatan-hambatan yang menyebabkan hasil belajar dalam mata pelajaran
matematika peserta didik mendapatkan hasil dibawah KKM ( Kriteria Ketuntasan
Minimal ) sedangkan mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik mendapatkan
hasil rata-rata KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Untuk hambatan saat
melakukan pembelajaran daring adalah gadget yang kurang memadai, karena saat
ini gadget yang digunakan masih menggunakan gadget orang tua atau bukan milik
pribadi. Hambatan yang lainnya adalah kurangnya tanggung jawab peserta didik
pada saat mengumpulkan tugas sehingga banyak peserta didik yang terlambat
mengumpulkannya. Pada saat pembelajaran daring terjadi banyak kendala, seperti
paketan data yang terbatas dan masih menggunakan gadget orang tua atau bukan
milik pribadi. Sehingga hasil belajar yang didapat peserta didik pada saat
pembelajaran daring kurang efektif dan terbatas.
Actions (login required)
|
View Item |