PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN NGAGEL 1/394 SURABAYA

JANNAH, DIAR MIFTACHUL (2021) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN NGAGEL 1/394 SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210021_abstract.pdf

Download (746kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29165.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Hubungan Motivasi Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Pelajar pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Ngagel 1/394 Surabaya”. Di dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linier sederhana, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Mempunnyai subjek penelitian siswa kelas IV SDN Ngagel 1/394 Surabaya tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 32 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam instrument penelitian ini ialah kuesioner yang berupa angket kebiasaan belajar dan motivasi belajar dan menggunakan dukumentasi nilai ahir semester genap pada mata pelajaran IPA tahun ajaran 2020/2021. Pada uji regresi sederhana terdapat: a) Konstanta sebesar 40,326, artinya jika kebiasaan belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) nilainya adalah 0, maka hasil belajar (Y’) nilainya adalah 40,326. b) Koefisien regresi variabel kebiasaan belajar (X1) sebesar-0,030, artinya jika kebiasaan belajar mengalami kenaikan1%,maka hasil belajar akan mengalami penurunan sebesar 0,030 dengan asumsi variabel independen lain nilainya tetap. Koefisien bernilai negatif artinya terjadi hubungan negatif antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar, semakin naik kebiasaan belajar, maka semakin turun hasil belajar. c) Koefisien regresi variabel motivasi belajar (X2) sebesar 0,120, artinya jika motivasi belajar mengalami kenaikan1%, maka hasil belajar akan mengalami peningkatan sebesar 0,120 dengan asumsi variabel independen lain nilainya tetap. Koefisien bernilai potitif artinya terjadi hubungan positifantara motivasi belajar dengan hasil belajar, semakin naik motivasi belajar,maka semakin turun hasil belajar.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayat, Muhammad ThamrinNIDN8858510016thamrin@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 05:47
Last Modified: 12 Apr 2023 08:08
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7388

Actions (login required)

View Item View Item