JANNAH, DIAR MIFTACHUL
(2021)
PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN NGAGEL 1/394 SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Hubungan
Motivasi Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Pelajar pada Mata
Pelajaran IPA Kelas IV SDN Ngagel 1/394 Surabaya”. Di dalam penelitian ini
menggunakan metode regresi linier sederhana, dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif. Mempunnyai subjek penelitian siswa kelas IV SDN Ngagel 1/394
Surabaya tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 32 siswa. Pengumpulan data
yang digunakan dalam instrument penelitian ini ialah kuesioner yang berupa
angket kebiasaan belajar dan motivasi belajar dan menggunakan dukumentasi
nilai ahir semester genap pada mata pelajaran IPA tahun ajaran 2020/2021. Pada
uji regresi sederhana terdapat: a) Konstanta sebesar 40,326, artinya jika kebiasaan
belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) nilainya adalah 0, maka hasil belajar (Y’)
nilainya adalah 40,326. b) Koefisien regresi variabel kebiasaan belajar (X1)
sebesar-0,030, artinya jika kebiasaan belajar mengalami kenaikan1%,maka hasil
belajar akan mengalami penurunan sebesar 0,030 dengan asumsi variabel
independen lain nilainya tetap. Koefisien bernilai negatif artinya terjadi hubungan
negatif antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar, semakin naik kebiasaan
belajar, maka semakin turun hasil belajar. c) Koefisien regresi variabel motivasi
belajar (X2) sebesar 0,120, artinya jika motivasi belajar mengalami kenaikan1%,
maka hasil belajar akan mengalami peningkatan sebesar 0,120 dengan asumsi
variabel independen lain nilainya tetap. Koefisien bernilai potitif artinya terjadi
hubungan positifantara motivasi belajar dengan hasil belajar, semakin naik
motivasi belajar,maka semakin turun hasil belajar.
Actions (login required)
|
View Item |