RAHMAHWATI, ADELIA AYU
(2021)
HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN NGAGEL I/394 SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kebiasaan belajar merupakan tingkah laku yang terbentuk karena dilakukan secara
berulang-ulang dengan mengikuti cara atau pola tertentu, sehingga akan terbentuk sebuah
kebiasaan belajar. Kebiasaan belajar setiap siswa berbeda-beda sesuai dengan karakteristik
masing-masing siswa Kebiasaan Belajar yang dimaksud ialah Kebiasaan Belajar seorang
individu yang menunjukkan ketepatan waktu dalam menyelesaikan tugas-tugas yang bersifat
akademis, menghindari dari hal-hal yang dapat meneyebabkan keterlambatan dalm
menyelesaian tugas, serta menghilangkan gangguan dalam belajar dan Kebiasaan Belajar
seorang individu dan menunjukkan bagaimana menggunakan prosedur belajar yang efektif
serta efesien saat melakukan tugas akademik serta kebiasaan belajar. Hasil Belajar yang
difokuskan dalam penelitian ini yaitu Hasil Belajar pada mata pelajaran IPA. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara Kebiasaan Belajar
dengan Hasil Belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Ngagel I/394 Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi
dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Ngagel I/394 Surabaya yang berjumlah 28
dengan jumlah sampel 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan
angket, serta dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Uji
prasyarat analisis meliputi Uji normalitas data dan Uji linieritas regresi. Uji hipotesis
meliputiuji korelasi Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebiasaan Belajar siswa kelas V dengan
persentase 64,2% tergolong sedang (2) Hasil Belajar siswa kelas V dengan persentase 71,4%
tergolong sedang (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara Kebiasaan Belajar dengan
Hasil Belajar dengan nilai kolerasi sebesar 0,684 dan sig. sebesar 0,000 >0,05. Kebiasaan
Belajar yang tergolong sedang ialah Kebiasaan Belajar yang mana seorang individu yang
menunjukkan ketepatan waktu dalam menyelesaikan tugas-tugas yang bersifat akademis,
menghindari dari hal-hal yang dapat meneyebabkan keterlambatan dalm menyelesaian tugas,
serta menghilangkan gangguan dalam belajar dan Kebiasaan Belajar seorang individu yang
menunjukkan bagaimana menggunakan prosedur belajar yang efektif serta efesien saat
melakukan tugas akademik serta kebiasaan belajar.
Simpulan dari penelitian ini bahwa terdapat Hubungan yang signifikan antara
Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Ngagel
I/394 Surabaya dengan klasifikasi Kebiasaan Belajar sebesar 64,2% dan klasifikasi Hasil
belajar 71,4% dengan dengan nilai kolerasi sebesar 0,684 dan sig. sebesar 0,000 >0,05.
Actions (login required)
|
View Item |