HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN NGAGEL I/394 SURABAYA

RAHMAHWATI, ADELIA AYU (2021) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN NGAGEL I/394 SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210022_abstract.pdf

Download (804kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29166.html

Abstract

Kebiasaan belajar merupakan tingkah laku yang terbentuk karena dilakukan secara berulang-ulang dengan mengikuti cara atau pola tertentu, sehingga akan terbentuk sebuah kebiasaan belajar. Kebiasaan belajar setiap siswa berbeda-beda sesuai dengan karakteristik masing-masing siswa Kebiasaan Belajar yang dimaksud ialah Kebiasaan Belajar seorang individu yang menunjukkan ketepatan waktu dalam menyelesaikan tugas-tugas yang bersifat akademis, menghindari dari hal-hal yang dapat meneyebabkan keterlambatan dalm menyelesaian tugas, serta menghilangkan gangguan dalam belajar dan Kebiasaan Belajar seorang individu dan menunjukkan bagaimana menggunakan prosedur belajar yang efektif serta efesien saat melakukan tugas akademik serta kebiasaan belajar. Hasil Belajar yang difokuskan dalam penelitian ini yaitu Hasil Belajar pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Ngagel I/394 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Ngagel I/394 Surabaya yang berjumlah 28 dengan jumlah sampel 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan angket, serta dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Uji prasyarat analisis meliputi Uji normalitas data dan Uji linieritas regresi. Uji hipotesis meliputiuji korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebiasaan Belajar siswa kelas V dengan persentase 64,2% tergolong sedang (2) Hasil Belajar siswa kelas V dengan persentase 71,4% tergolong sedang (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar dengan nilai kolerasi sebesar 0,684 dan sig. sebesar 0,000 >0,05. Kebiasaan Belajar yang tergolong sedang ialah Kebiasaan Belajar yang mana seorang individu yang menunjukkan ketepatan waktu dalam menyelesaikan tugas-tugas yang bersifat akademis, menghindari dari hal-hal yang dapat meneyebabkan keterlambatan dalm menyelesaian tugas, serta menghilangkan gangguan dalam belajar dan Kebiasaan Belajar seorang individu yang menunjukkan bagaimana menggunakan prosedur belajar yang efektif serta efesien saat melakukan tugas akademik serta kebiasaan belajar. Simpulan dari penelitian ini bahwa terdapat Hubungan yang signifikan antara Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Ngagel I/394 Surabaya dengan klasifikasi Kebiasaan Belajar sebesar 64,2% dan klasifikasi Hasil belajar 71,4% dengan dengan nilai kolerasi sebesar 0,684 dan sig. sebesar 0,000 >0,05.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayat, Muhammad ThamrinNIDN8858510016thamrin@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 05:52
Last Modified: 12 Apr 2023 08:09
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7391

Actions (login required)

View Item View Item