MUTHOHHAROH, ISLAHATUL
(2021)
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARDUS TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PESERTA DIDIK KELAS II DI UPT SDN 106 GRESIK.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Muthohharoh, Islahatul. 2021 Pengaruh Penggunaan Media Wayang Kardus
terhadap Kemampuan Bercerita Peserta Didik Kelas II UPT SDN 106 Gresik.
Skripsi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan (FKIP). Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA).
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal. Pertama, kemampuan
peserta didik dalam bercerita dapat dikatakan masih kurang mampu, karena
sebagian peserta didik masih kesulitan dalam bercerita. Hasil penelitian ini
bertujuan untuk mengidentifikasil hal berikut. Pertama, mendeskripsikan
kemampuan bercerita peserta didik sebelum menggunakan media wayang kardus
Kelas II UPT SDN 106 Gresik. Kedua, mendeskripsikan kemampuan bercerita
peserta didik setelah menggunakan media wayang kardus Kelas II UPT SDN 106
Gresik. Ketiga, mengetahui adakah pengaruh media wayang kardus tehadap
kemampuan bercerita peserta didik kelas II di UPT SDN 106 Gresik.
Penelitian ini menggunakan Experimental Research dengan desain One
Grup Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampelnya adalah peserta didik kelas
II UPT SDN 106 Gresik sebanyak 22 orang. Pengambilan sampel menggunakan
teknik sampel jenuh dan pengumpulan data menggunakan observasi dan tes
performansi berupa pretest-posttest.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan bercerita peserta
didik pada kelas II UPT SDN 106 Gresik sebelum menggunakan media wayang
kardus dalam proses pembelajaran bercerita memperoleh nilai rata-rata 67.82. (2)
Kemampuan bercerita peserta didik pada kelas II UPT SDN 106 Gresik setelah
menggunakan media wayang kardus dalam proses pembelajaran bercerita
memperoleh nilai rata-rata 83.59. (3) Terdapat perbedaan hasil kemampuan
bercerita pada peserta didik kelas II UPT SDN 106 Gresik sebelum dan sesudah
menggunakan media wayang kardus dapat dilihat mengalami peningkatan dengan
taraf signifikan 0.00 < 0.05.
Actions (login required)
|
View Item |