PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARDUS TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PESERTA DIDIK KELAS II DI UPT SDN 106 GRESIK

MUTHOHHAROH, ISLAHATUL (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARDUS TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PESERTA DIDIK KELAS II DI UPT SDN 106 GRESIK. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210026_abstract.pdf

Download (465kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29178.html

Abstract

Muthohharoh, Islahatul. 2021 Pengaruh Penggunaan Media Wayang Kardus terhadap Kemampuan Bercerita Peserta Didik Kelas II UPT SDN 106 Gresik. Skripsi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal. Pertama, kemampuan peserta didik dalam bercerita dapat dikatakan masih kurang mampu, karena sebagian peserta didik masih kesulitan dalam bercerita. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasil hal berikut. Pertama, mendeskripsikan kemampuan bercerita peserta didik sebelum menggunakan media wayang kardus Kelas II UPT SDN 106 Gresik. Kedua, mendeskripsikan kemampuan bercerita peserta didik setelah menggunakan media wayang kardus Kelas II UPT SDN 106 Gresik. Ketiga, mengetahui adakah pengaruh media wayang kardus tehadap kemampuan bercerita peserta didik kelas II di UPT SDN 106 Gresik. Penelitian ini menggunakan Experimental Research dengan desain One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampelnya adalah peserta didik kelas II UPT SDN 106 Gresik sebanyak 22 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dan pengumpulan data menggunakan observasi dan tes performansi berupa pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan bercerita peserta didik pada kelas II UPT SDN 106 Gresik sebelum menggunakan media wayang kardus dalam proses pembelajaran bercerita memperoleh nilai rata-rata 67.82. (2) Kemampuan bercerita peserta didik pada kelas II UPT SDN 106 Gresik setelah menggunakan media wayang kardus dalam proses pembelajaran bercerita memperoleh nilai rata-rata 83.59. (3) Terdapat perbedaan hasil kemampuan bercerita pada peserta didik kelas II UPT SDN 106 Gresik sebelum dan sesudah menggunakan media wayang kardus dapat dilihat mengalami peningkatan dengan taraf signifikan 0.00 < 0.05.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGhufron, SyamsulNIDN0027096501syamsulghufron@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Media wayang kardus, Kemampuan bercerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 06:08
Last Modified: 12 Apr 2023 08:15
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7404

Actions (login required)

View Item View Item