ROHMAH, MAY SAFIYATUR
(2021)
UPAYA PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERNYANYI DI TK AL - AZIEZ KECAMATAN PABEAN CANTIAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Pentingnya penelitian ini di lakukan adalah untuk bahan pertimbangan
bagi guru atau calon guru untuk memilih kegiatan yang tepat dalam mengajarkan
rasa percaya diri pada anak didiknya dan sebagai bahan pertimbangan terhadap
pelaksanaan proses pembelajaran, khususnya dalam mengembangkan percaya diri
anak dengan kegiatan bemyanyi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan rasa
percaya diri anak melalui kegiatan bemyanyi di TK AL AZIEZ SURABAYA.
Peneliti ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek
dalam penelitian ini adalah Kelompok A usian ( 4 -5 ) tahun di TK. Al - Aziez
Kecamatan Pabean Cantian Surabaya dengan Jumlah 15 Siswa. Metode
pengumpulan data pada penelitian mi
menggunakan observasi, wawancara
dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat di ketahui bahwa peningkatan rasa
percaya diri pada anak usia 4-5 tahun di TK AL-Aziez Surabaya telah tercapai.
Sesuai dengan tingkat berkembangnya anak usia 4-5 tahun mampu menyelesaikan
kegiatan benyanyi dengan baik dan benar dan mampu melakukan kegitan
bemyanyi di depan kelas.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan bemyanyi dapat
meningkatkan rasa percaya diri anak pada siklus I anak yang sesuai harapan pada
siklus I memperoleh persentase sebesar 43,25% dan meningkat pada siklus II
menjadi 83,25% sesuai kriteria keberhasilan. Hal ini dikarenakan dalam
peningkatan rasa percaya diri anak melalui kegiatan bemyanyi dilakukan dengan
menarik sehingga anak antusias dan peningkatan rasa percaya diri anak
berkembang sangat baik.
Actions (login required)
|
View Item |