DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP KEMANDIRIAN DAN TANGGUNG JAWAB ANAK USIA DINI DI TK TUNAS RIMBA SAMBIKEREP SURABAYA

MUNALISA, TELY (2021) DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP KEMANDIRIAN DAN TANGGUNG JAWAB ANAK USIA DINI DI TK TUNAS RIMBA SAMBIKEREP SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210018_abstract.pdf

Download (115kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29031.html

Abstract

Tely Munalisa, 2021. Dampak Pembelajaran Online Terrhadap Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak Usia Dini di Tk Tunas Rimba Sambikerep Surabaya Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya Kemandirian dan tanggung jawab adalah perilaku yang menentukan bagaimana anak bereaksi terhadap situasi yang ia hadapi setiap hari, yang semua itu memerlukan kemampuan anak dalam membuat keputusan yang dilandasi moral. Karenanya, kemandirian dan tanggung jawab merupakan sikap yang harus dikembangkan sejak masa kanak-kanak agar kelak mereka bisa menjalani kehidupan tanpa ketergantungan kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kemandirian dan tanggung jawab anak saat pebelajarn online. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dikarenakan situasi Pandemi COVID-19 sehingga pembelajaran dilakukan melalui daring. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek Kemandirian anak saat pembelajaran online dari masing-masing anak mencapai antara 44-75% dengan ratarata 56,88% (kriteria Berkembang Sesuai Harapan ) dan aspek tanggung jawab anak saat pembelajaran online dari masing-masing anak antara 25%-75% dengan ratarata 54,1% (kriteria Berkembang Sesuai Harapan )

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRihlah, JauharoturNIDN0723099201rihlahjauhara@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Online, Kemandirian dan Tanggung Jawab, deskriptif kuantitatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 06:29
Last Modified: 20 Jan 2022 06:29
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7419

Actions (login required)

View Item View Item