UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA BUKU CERITA PADA SISWA KELAS 1 DI SEKOLAH DASAR NEGERI NGAMPELSARI KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO

CHASANAH, FARICHA USWATUN (2021) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA BUKU CERITA PADA SISWA KELAS 1 DI SEKOLAH DASAR NEGERI NGAMPELSARI KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210029_abstract.pdf

Download (296kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29199.html

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran melalui penerapan buku cerita pada siswa kelas 1 untuk meningkatkan kemampuan membaca, mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca siswa, dan mendeskripsikan hambatan yang dihadapi di dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut. Penelitian ini mengunakan rancangan preexperiment, one group pretest postest yang melibatkan 16 siswa terdiri atas 7 siswa laki – laki dan 9 siswa perempuan. Berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran melalui media buku cerita dapat dikatakan terlaksana 100% dengan skor minimal 3 yang sesuai dengan langkah – langkah kegiatan pembelajaran yang mengacuh pada RPP. Dengan menggunakan penilaian n gain untuk menilai kemampuan membaca siswa terdapat 16 orang siswa yang terdiri kategori sedang sejumlah 9 orang (56,3%) dan peningkatan skor kemapuan membaca tinggi sejumlah 7 orang (43,7%), dapat dikatakan bahwa ada peningkatan skor siswa di nilai posttest yang signifikan dengankategori sedang sampai kategori tinggi. Pada saat pembelajaran telah berlangsung terdapat beberapa hambatan – hambatan yang ditemukan seperti, lokasi rumah siswa tidak terjangkau jaringan internet akan tetapi untuk mengatasi hambatan tersebut guru memberikan solusi agar siswa bisa bergabung di rumah teman yang kondisi rumahnya terjangkau jaringan internet tetapi tetap mematuhi protocol kesehatan. Hambatan selanjutnya siswa siswa kurang focus Ketika pembelajaran berlangsung tetapi dengan menggunakan media buku cerita dapat menarik perhatian siswa untuk tetap focus mengikuti pelajaran. Kemudian banyaknya tugas menumpuk diruamh dan belum dikumplkan oleh siswa, guru memberikan solusi agar orang tua sebagai pembimbing dirumah supaya mengajak mengerjakan tugasnya dengan tepat waktu. Terdapt beberapa siswa yang terlambat mengangkat video call grup, untuk mengatasi hambatan ini guru mencatatat nama siswa yang belum mengangkat video call tersebut dan kemudian akan dilakukan video call susulan. Hambatan yang terakhir ada 3 siswa yang tidak memiliki gawai karena gawai tersebut dibawa orang tua nya bekerja, guru memberikan solusi dengan mengelompokkan siswa sesuai dengan domisili terdekat agar bisa bergabung Ketika pembelajaran berlangsung. Dengan demikian dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca melalui media buku cerita pada siswa kelas 1 SDN Ngampelsari, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIbrahim, MusliminNIDN8902600020musliminibrahim@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca, Buku cerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 06:40
Last Modified: 12 Apr 2023 08:19
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7425

Actions (login required)

View Item View Item