STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATERI PERKALIAN BERSUSUN YANG DIAJAR DENGAN DAN TANPA MEDIA PEMBELAJARAN POHON PERKALIAN

MAHBUBAH, NENENG WAHIDATUL (2021) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATERI PERKALIAN BERSUSUN YANG DIAJAR DENGAN DAN TANPA MEDIA PEMBELAJARAN POHON PERKALIAN. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210052_abstract.pdf

Download (303kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-30255.html

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut ini., perbandingan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika masih rendah, karena sebagian siswa kesulitan dalam pembelajaran matematika. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik tanpa menggunakan media pohon perkalian di kelas II SDN Ngagel 1 Surabaya pada materi perkalian bersusun., (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik menggunakan media pohon perkalian di kelas II SDN Ngagel 1 Surabaya pada materi perkalian bersusun, (3) Untuk mendeskripsikan perbandingan hasil belajar peserta didik menggunakan media pohon perkalian dan tanpa menggunakan media pohon perkalian di kelas II SDN Ngagel 1 Surabaya pada materi perkalian bersusun. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif deskriptif. Jenis desain Pre- Eksperimental model One-Group Pretest Posttest. Subjek Penelitian siswa kelas II SDN Ngagel 1 Surabaya tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 31 siswa. Acuan yang digunakan dalam instrumen penelitian ini ialah pretest dan postest yang berupa hasil belajar pada mata pelajaran Matematika tahun ajaran 2020/2021. Data penelitian ini adalah hasil tes pada mata pelajaran matematika sebelum dan sesudah menggunakan media Pohon Perkalian. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut ini. Pertama, hasil belajar mengajar sebelum digunakan media pohon perkalian pada siswa kelas II SDN Ngagel 1 Surabaya. dengan nilai rata-rata 51,61 pada kualifikasi rendah. Kedua hasil belajar mengajar sesudah digunakan media pohon perkalian pada siswa kelas II SDN Ngagel 1 Surabaya dengan nilai rata-rata 91,32 pada kualifikasi tinggi. Ketiga, Perbandingan yang signifikan terhadap hasil belajar matematika menggunakan media dan tanpa menggunakan media kelas II SDN Ngagel 1 Surabaya dengan thitung 8,0 29 > ttabel 1,696. Dengan kata lain, H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, media pohon perkalian berpengaruh digunakan dalam mata pelajaran matematika.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAmin, Siti MaghfirotunNIDN8960100020amin@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Media Pohon Perkalian, Perkalian Bersusun, Hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:21
Last Modified: 19 Jan 2024 09:01
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7451

Actions (login required)

View Item View Item