MAHBUBAH, NENENG WAHIDATUL
(2021)
STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATERI PERKALIAN BERSUSUN YANG DIAJAR DENGAN DAN TANPA MEDIA PEMBELAJARAN POHON PERKALIAN.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut ini., perbandingan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika masih rendah, karena sebagian
siswa kesulitan dalam pembelajaran matematika. Adapun tujuan penelitian ini yaitu
(1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik tanpa menggunakan media
pohon perkalian di kelas II SDN Ngagel 1 Surabaya pada materi perkalian
bersusun., (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik menggunakan
media pohon perkalian di kelas II SDN Ngagel 1 Surabaya pada materi perkalian
bersusun, (3) Untuk mendeskripsikan perbandingan hasil belajar peserta didik
menggunakan media pohon perkalian dan tanpa menggunakan media pohon
perkalian di kelas II SDN Ngagel 1 Surabaya pada materi perkalian bersusun.
Metode penelitian yang digunakan kuantitatif deskriptif. Jenis desain Pre-
Eksperimental model One-Group Pretest Posttest. Subjek Penelitian siswa kelas
II SDN Ngagel 1 Surabaya tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 31 siswa.
Acuan yang digunakan dalam instrumen penelitian ini ialah pretest dan postest
yang berupa hasil belajar pada mata pelajaran Matematika tahun ajaran 2020/2021.
Data penelitian ini adalah hasil tes pada mata pelajaran matematika sebelum
dan sesudah menggunakan media Pohon Perkalian. Berdasarkan hasil penelitian,
disimpulkan tiga hal berikut ini. Pertama, hasil belajar mengajar sebelum digunakan
media pohon perkalian pada siswa kelas II SDN Ngagel 1 Surabaya. dengan nilai
rata-rata 51,61 pada kualifikasi rendah. Kedua hasil belajar mengajar sesudah
digunakan media pohon perkalian pada siswa kelas II SDN Ngagel 1 Surabaya
dengan nilai rata-rata 91,32 pada kualifikasi tinggi. Ketiga, Perbandingan yang
signifikan terhadap hasil belajar matematika menggunakan media dan tanpa
menggunakan media kelas II SDN Ngagel 1 Surabaya dengan thitung 8,0 29 > ttabel
1,696. Dengan kata lain, H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, media
pohon perkalian berpengaruh digunakan dalam mata pelajaran matematika.
Actions (login required)
|
View Item |