ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 DI SD KHADIJAH WONOREJO

SARI, INDAH FITRIA (2021) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 DI SD KHADIJAH WONOREJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210050_abstract.pdf

Download (260kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-30251.html

Abstract

Sari, Indah Fitria 2021. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas I di SD Khadijah Wonorejo. Skripsi Jurusan Pendidikan Wali kelas Sekolah Dasar Fakultas Kewali kelasan dan Ilmu Pendidikan. Universisitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing Dewi Widiana Rahayu, S.Pd M.Pd Latar belakang penelitian ini adanya banyak permasalah pada penerapan pembelajaran daring yang berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan, kendala, solusi dan hasil belajar pembelajaran daring yang diterapkan di SD Khadijah Wonorejo. Jenis penelitian yang digunakan yakni kualitatif dan kuantitatif, subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas 1 dengan mengambil 15 sampel dari jumlah populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SD Khadijah Wonorejo tepatnya pada kelas I sudah terlaksana baik, peserta didik dan pendidik telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring pendidik sudah melakukan perencanaan pembelajaran dan sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik namun, masih terjadi kendala diantarannya sinyal, rasa bosan, sulit fokus hingga mood dalam mengerjakan tugas. Solusi pendidik yang digunakan dalam menghadapi masalah pembelajaran daring yaitu menggunakan ice breaking, ngobrol santai,senam, bercerita dan permainan untuk kendala sinyal upaya yang dilakukan dengan mencari operator yang bagus. Hasil penelitian ini juga menggambarkan hasil belajar daring siswa, dari perhitungan ketuntasan belajar terdapat 4 siswa yang masih belum mencapai nilai KKM pada salah satu mata pelajaran PJOK, PPKn, Matematika dan Bahasa Jawa. Simpulan secara umum, penelitian dilakukan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran daring terhadap hasil belajar kelas 1 di SD Khadijah Wonorejo terdapat kesimpulan akhir bahwa dari segi keterlaksanaan sudah tergolong baik dilihat dari banyaknya hasil belajar siswa yang nilainya diatas KKM yang sudah ditentukan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRahayu, Dewi WidianaNIDN0715108901dewiwidiana@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, Hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:27
Last Modified: 19 Jan 2024 09:01
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7455

Actions (login required)

View Item View Item