SARI, INDAH FITRIA
(2021)
ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 DI SD KHADIJAH WONOREJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Sari, Indah Fitria 2021. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil
Belajar Siswa Kelas I di SD Khadijah Wonorejo. Skripsi Jurusan Pendidikan Wali
kelas Sekolah Dasar Fakultas Kewali kelasan dan Ilmu Pendidikan. Universisitas
Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing Dewi Widiana Rahayu, S.Pd M.Pd
Latar belakang penelitian ini adanya banyak permasalah pada penerapan pembelajaran
daring yang berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk
mendeskripsikan pelaksanaan, kendala, solusi dan hasil belajar pembelajaran daring yang
diterapkan di SD Khadijah Wonorejo.
Jenis penelitian yang digunakan yakni kualitatif dan kuantitatif, subjek penelitian yang
digunakan adalah siswa kelas 1 dengan mengambil 15 sampel dari jumlah populasi.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SD
Khadijah Wonorejo tepatnya pada kelas I sudah terlaksana baik, peserta didik dan
pendidik telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan. Dalam pelaksanaan
pembelajaran daring pendidik sudah melakukan perencanaan pembelajaran dan sudah
melaksanakan pembelajaran dengan baik namun, masih terjadi kendala diantarannya
sinyal, rasa bosan, sulit fokus hingga mood dalam mengerjakan tugas. Solusi pendidik
yang digunakan dalam menghadapi masalah pembelajaran daring yaitu menggunakan ice
breaking, ngobrol santai,senam, bercerita dan permainan untuk kendala sinyal upaya
yang dilakukan dengan mencari operator yang bagus. Hasil penelitian ini juga
menggambarkan hasil belajar daring siswa, dari perhitungan ketuntasan belajar terdapat
4 siswa yang masih belum mencapai nilai KKM pada salah satu mata pelajaran PJOK,
PPKn, Matematika dan Bahasa Jawa.
Simpulan secara umum, penelitian dilakukan untuk menganalisis pelaksanaan
pembelajaran daring terhadap hasil belajar kelas 1 di SD Khadijah Wonorejo terdapat
kesimpulan akhir bahwa dari segi keterlaksanaan sudah tergolong baik dilihat dari
banyaknya hasil belajar siswa yang nilainya diatas KKM yang sudah ditentukan.
Actions (login required)
|
View Item |