NURDIANTO, ADDAM HUSSEIN
(2021)
META ANALISIS PENINGKATAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN DI SEKOLAH DASAR.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk meningkatkan model pembelajaran
Mind Mapping terhadap hasil belajar PPKn di Sekolah Dasar dari beberapa
artikel. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis diawali dengan
merumuskan topik penelitian yang kemudian mencari artikel yang relevan untuk
di analisis. Penelitian ini mengambil sample artikel pada google scholar atau
google cendekia. Kata kunci yang digunakan yaitu Mind Mapping, Hasil belajar,
PPKn di Sekolah Dasar. Hasil penelusuran sample mendapatkan 10 sample artikel
yang relevan. Hasil penelusuran kemudian data dianalisis menggunakan statistik
deskriptif. Uji penelitian menggunakan bantuan SPSS type 22 Data melalui
Analyze Descriptive Statistics. Penelitian ditutup dengan penarikan kesimpulan
dan saran terhadap analisis yang telah dilakukan. Hasil analisis mendapatkan ratarata
hasil
belejar
setelah
diterapkanya
model
Mind Mapping meninggkat sebesar
82.452 dari sebelumnya 63.672 dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan
bahwa model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa. Saran
yang bisa diberikan pada guru hendaknya selalu mengembangkan keahlianya
dalam mengajar dengan memberikan innofasi model pembelajaran salah satunya
yaitu Mind Mapping, dengan guru lebih berinnofasi menggunakan Model
pembelajaran yang tepat diharapkan siswa akan lebih aktif dan mudah memahami
materi yang diberikan selain itu hasil belejar siswa juga akan mengalami
peningkatan.
Actions (login required)
|
View Item |