META ANALISIS PENINGKATAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN DI SEKOLAH DASAR

NURDIANTO, ADDAM HUSSEIN (2021) META ANALISIS PENINGKATAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN DI SEKOLAH DASAR. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210035_abstract.pdf

Download (475kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29247.html

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk meningkatkan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar PPKn di Sekolah Dasar dari beberapa artikel. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis diawali dengan merumuskan topik penelitian yang kemudian mencari artikel yang relevan untuk di analisis. Penelitian ini mengambil sample artikel pada google scholar atau google cendekia. Kata kunci yang digunakan yaitu Mind Mapping, Hasil belajar, PPKn di Sekolah Dasar. Hasil penelusuran sample mendapatkan 10 sample artikel yang relevan. Hasil penelusuran kemudian data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Uji penelitian menggunakan bantuan SPSS type 22 Data melalui Analyze Descriptive Statistics. Penelitian ditutup dengan penarikan kesimpulan dan saran terhadap analisis yang telah dilakukan. Hasil analisis mendapatkan ratarata hasil belejar setelah diterapkanya model Mind Mapping meninggkat sebesar 82.452 dari sebelumnya 63.672 dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa. Saran yang bisa diberikan pada guru hendaknya selalu mengembangkan keahlianya dalam mengajar dengan memberikan innofasi model pembelajaran salah satunya yaitu Mind Mapping, dengan guru lebih berinnofasi menggunakan Model pembelajaran yang tepat diharapkan siswa akan lebih aktif dan mudah memahami materi yang diberikan selain itu hasil belejar siswa juga akan mengalami peningkatan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAkhwani, AkhwaniNIDN0719039101akhwani@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Hasil belajar, PPKn di Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:57
Last Modified: 12 Apr 2023 08:25
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7456

Actions (login required)

View Item View Item