MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I DI UPT SD NEGERI 266 GRESIK DENGAN METODE SILABA

LAILAH, ZIANATUL (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I DI UPT SD NEGERI 266 GRESIK DENGAN METODE SILABA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210049_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-30249.html

Abstract

Lailah, Zianatul 2021. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas I Di UPT SD Negeri 266 Gresik Dengan Metode Silaba. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA). Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa, ini terbukti dari jumlah keseluruhan siswa dengan presentase 71% kemampuan membaca siswa kelas I masih tergolong rendah, dan guru di lembaga masih menerapkan metode ceramah sehingga siswa cenderung hanya mendengarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I UPT SD Negeri 266 Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Alat pengumpulan data dengan teknik tes lisan dan observasi. Subjek penelitian ini yakni seluruh siswa kelas I UPT SD Negerii 266 Gresik yang berjumlah 14 siswa. Hasil analisis data observasi yang dilaksanakan pada saat pembelajaran dengan menerapkan metode silaba terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pada siswa kelas I UPT SD Negeri 266 Gresik Presentase kemampuan membaca setiap siklus semakin naik dengan presentase tuntas 43% pada siklus I dan 78,57% pada siklus II. Penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode silaba terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAmin, Siti MaghfirotunNIDN8960100020amin@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca, metode silaba
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:31
Last Modified: 19 Jan 2024 09:02
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7457

Actions (login required)

View Item View Item