LAILAH, ZIANATUL
(2021)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I DI UPT SD NEGERI 266 GRESIK DENGAN METODE SILABA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Lailah, Zianatul 2021. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas I
Di UPT SD Negeri 266 Gresik Dengan Metode Silaba. Skripsi. Program
Studi S1 Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan (FKIP).Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA).
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa,
ini terbukti dari jumlah keseluruhan siswa dengan presentase 71% kemampuan
membaca siswa kelas I masih tergolong rendah, dan guru di lembaga masih
menerapkan metode ceramah sehingga siswa cenderung hanya mendengarkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca
siswa kelas I UPT SD Negeri 266 Gresik. Metode penelitian yang digunakan
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus dan
setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan
(observasi), dan refleksi. Alat pengumpulan data dengan teknik tes lisan dan
observasi. Subjek penelitian ini yakni seluruh siswa kelas I UPT SD Negerii 266
Gresik yang berjumlah 14 siswa.
Hasil analisis data observasi yang dilaksanakan pada saat pembelajaran
dengan menerapkan metode silaba terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari
siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pada siswa kelas I
UPT SD Negeri 266 Gresik Presentase kemampuan membaca setiap siklus
semakin naik dengan presentase tuntas 43% pada siklus I dan 78,57% pada siklus
II. Penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode silaba terbukti dapat
meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Actions (login required)
|
View Item |