ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI PEKOREN 1 KABUPATEN PASURUAN

FITRIA, SILVIATUL (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI PEKOREN 1 KABUPATEN PASURUAN. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210048_abstract.pdf

Download (496kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-30240.html

Abstract

Fitria, Silviatul. 2021. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Di Sd Negeri Pekoren 1 Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing Akhwani, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebijakan pemerintah pasca pandemi Covid-19 mengakibatkan pembelajaran dilakukan secara daring. Motivasi belajar menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pembelajaran, terlebih lagi pada suasana pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kecenderungan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring di SD Negeri Pekoren 1 Kabupaten Pasuruan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan kuesioner siswa menggunakan google form. Sampel pada penelitian ini adalah semua siswa 6 berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data, penulis menggunakan kuesioner berbantuan google form . Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis deskriptif dengan mengumpulkan data, melakukan perskoran, dan membuat kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas dan kreadibilitas. Hasil penelitian menunjukkan (1) faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di SD Negeri Pekoren 1 Kabupaten Pasuruan ada dua yaitu, faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari minat belajar dan kesehatan siswa. Faktor Eksternal berasal dari lingkungan, teman sebaya, guru dan orangtua. (2) Faktor yang paling memiliki pengaruh pada motivasi belajar daring siswa yaitu faktor internal dengan nilai mean 2,77 sedangkan faktor eksternal memiliki nilai mean lebih rendah yaitu 2,73. (3) Sementara aspek yang paling rendah mempengaruhi motivasi belajar daring siswa adalah pada aspek teman sebaya dengan nilai mean 1,89.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAkhwani, AkhwaniNIDN0719039101akhwani@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:35
Last Modified: 19 Jan 2024 09:02
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7458

Actions (login required)

View Item View Item