FITRIA, SILVIATUL
(2021)
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI PEKOREN 1 KABUPATEN PASURUAN.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Fitria, Silviatul. 2021. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi
Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Di Sd Negeri Pekoren 1 Kabupaten
Pasuruan. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Nahdlatul Ulama
Surabaya. Pembimbing Akhwani, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebijakan pemerintah pasca pandemi
Covid-19 mengakibatkan pembelajaran dilakukan secara daring. Motivasi belajar
menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pembelajaran, terlebih lagi pada
suasana pembelajaran daring.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kecenderungan faktor-faktor yang
mempengaruhi motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring di SD Negeri
Pekoren 1 Kabupaten Pasuruan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan
kuantitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan kuesioner siswa
menggunakan google form. Sampel pada penelitian ini adalah semua siswa 6
berjumlah 40 siswa.
Teknik pengumpulan data, penulis menggunakan kuesioner berbantuan
google form . Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis
deskriptif dengan mengumpulkan data, melakukan perskoran, dan membuat
kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji
validitas dan kreadibilitas.
Hasil penelitian menunjukkan (1) faktor-faktor yang mempengaruhi
motivasi belajar siswa di SD Negeri Pekoren 1 Kabupaten Pasuruan ada dua yaitu,
faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari minat belajar dan
kesehatan siswa. Faktor Eksternal berasal dari lingkungan, teman sebaya, guru dan
orangtua. (2) Faktor yang paling memiliki pengaruh pada motivasi belajar daring
siswa yaitu faktor internal dengan nilai mean 2,77 sedangkan faktor eksternal
memiliki nilai mean lebih rendah yaitu 2,73. (3) Sementara aspek yang paling
rendah mempengaruhi motivasi belajar daring siswa adalah pada aspek teman
sebaya dengan nilai mean 1,89.
Actions (login required)
|
View Item |