ALFARYANSYAH, SONY WAHYU
(2021)
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI TIK-TOK PADA SISWA KELAS IV DI SD DHARMA KARYA SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Alfaryansyah, Sony Wahyu., Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada
Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19 Dengan
Menggunakan Media Aplikasi Tik-Tok Pada Siswa Kelas IV di SD
Dharma Karya Surabaya. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA).
Kegiatan belajar-mengajar yang masih lebih banyak menggunakan metode
ceramah dan jarang menggunakan media pembelajaran sebagai penunjang proses
pembelajaran, ditambah dengan kondisi pandemi covid-19 saat ini membuat
motivasi belajar siswa menjadi rendah. Pemilihan media pembelajaran yang baik
menjadi salah satu faktor keberhasilan proses belajar-mengajar di kelas. Media
pembelajaran merupakan faktor ekstrinsik yang dapat mempengaruhi motivasi
belajar siswa. Dalam proses belajar mengajar kehadiran media mempunyai arti
yang cukup penting. Karena dalam kegiatan tersebut ketidakjelasan bahan yang
disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara.
Minimnya penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar akan
menghilangkan semangat siswa sehingga motivasi belajar dalam diri siswa akan
berkurang dan akan mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran. Berdasarkan
permasalahan tersebut, dilaksanakan penelitian dengan tujuan meningkatkan
motivasi belajar siswa dengan menggunakan aplikasi tik tok selama kegiatan
pembelajaran kelas IV SD Dharma Karya Surabaya. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Dharma Karya Surabaya yang
berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan
angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan
kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan aplikasi tik tok
dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Dharma Karya Surabaya
pada pembelajaran daring ditengah pandemi covid-19. Rata-rata motivasi belajar
siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 66,30% meningkat menjadi
90,23% pada siklus II dan berada pada kategori sangat tinggi. Cara meningkatkan
motivasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan aplikasi tik tok selama
pembelajaran daring sehari-hari dengan variasi video yang berbeda-beda pada
setiap proses pembelajaran daring.
Actions (login required)
|
View Item |