ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA DI SDN KEDUNG BANTENG TANGGULANGIN SIDOARJO

ROHMAH, SYIFAUR (2021) ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA DI SDN KEDUNG BANTENG TANGGULANGIN SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210046_abstract.pdf

Download (706kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29969.html

Abstract

Rohmah, Syifaur. 2021. Analisis Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Matematika di SDN Kedungbanteng Tanggulangin Sidoarjo. Skripsi. Progam Studi S1 Pendidikan Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA). Latar belakang penelitian ini dengan adanya permasalahan di SDN Kedungbateng Tanggulangin Sidoarjo yang mengalami pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar matematika. Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar matematika di SDN Kedungbateng Tanggulangin Sidoarjo dikarenakan peserta didik sudah mulai bosan dan sulit memahami pembelajaran matematika secara langsung. Selain itu, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi minat belajar matematika pada saat pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar matematika dan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi minat belajar matematika di SDN Kedungbateng Tanggulangin Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan adalah 123 peserta didik, pendidik, Kepala Sekolah di SDN Kedungbanteng Tanggulangin Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dokumentasi, serta obeservasi. Hasil penelitian ini berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dari 123 terdapat 34 dengan nilai presentase 27,64% peserta didik kurang tertarik dalam mengumpulkan tugas matematika ketiduran. Terdapat kendala lainnya yaitu ada peserta didik yang mengumpulkan tugas karena menunggu orang tua pulang kerja dan peserta didik yang tidak memiliki handphone sendiri sehingga harus bergantug dengan orang tuanya. Hal itu menjadi peserta didik telat dalam mengumpulkan tugas. Peran orang tua dan peran pendidik salah faktor yang dapat mendukung minat belajar matematika di SDN Kedungbanteng Tanggulangin Sidoarjo. Hampir semua dari 123 peserta didik terdapat 54 dengan nilai presentase 43,92% menunjukkan bahwa peserta didik dibantu orang tuanya dalam mengumpulkan tugas. Selain itu peran pedidik dari 123 peserta didik terdapat 44 dengan nilai prsesentase 35, 78% menunjukan bahwa sebagian besar peserta didik akan dijelaskan lagi oleh pendidik pada saat mengalami kesulitan dalam memahami materi. Simpulan secara umum, penelitian dilakukan untuk menganalisis minat belajar matematika di SDN Kedungbanteng Tanggulangin Sidoarjo terdapat kesimpulan akhir bahwa dari segi ketertarikan dalam mengumpulkan tugas tergolong rendah.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHartatik, SriNIDN0706118102titax@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, Minat belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:41
Last Modified: 19 Jan 2024 09:03
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7462

Actions (login required)

View Item View Item