ROHMAH, SYIFAUR
(2021)
ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA DI SDN KEDUNG BANTENG TANGGULANGIN SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Rohmah, Syifaur. 2021. Analisis Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat
Belajar Matematika di SDN Kedungbanteng Tanggulangin Sidoarjo. Skripsi.
Progam Studi S1 Pendidikan Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu
Pendidikan (FKIP). Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA).
Latar belakang penelitian ini dengan adanya permasalahan di SDN
Kedungbateng Tanggulangin Sidoarjo yang mengalami pengaruh pembelajaran
daring terhadap minat belajar matematika. Pengaruh pembelajaran daring terhadap
minat belajar matematika di SDN Kedungbateng Tanggulangin Sidoarjo
dikarenakan peserta didik sudah mulai bosan dan sulit memahami pembelajaran
matematika secara langsung. Selain itu, ada beberapa faktor yang dapat
mempengaruhi minat belajar matematika pada saat pembelajaran daring.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran
daring terhadap minat belajar matematika dan faktor apa saja yang dapat
mempengaruhi minat belajar matematika di SDN Kedungbateng Tanggulangin
Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek
yang digunakan adalah 123 peserta didik, pendidik, Kepala Sekolah di SDN
Kedungbanteng Tanggulangin Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, kuesioner, dokumentasi, serta obeservasi.
Hasil penelitian ini berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan
bahwa dari 123 terdapat 34 dengan nilai presentase 27,64% peserta didik kurang
tertarik dalam mengumpulkan tugas matematika ketiduran. Terdapat kendala
lainnya yaitu ada peserta didik yang mengumpulkan tugas karena menunggu
orang tua pulang kerja dan peserta didik yang tidak memiliki handphone sendiri
sehingga harus bergantug dengan orang tuanya. Hal itu menjadi peserta didik telat
dalam mengumpulkan tugas. Peran orang tua dan peran pendidik salah faktor
yang dapat mendukung minat belajar matematika di SDN Kedungbanteng
Tanggulangin Sidoarjo. Hampir semua dari 123 peserta didik terdapat 54 dengan
nilai presentase 43,92% menunjukkan bahwa peserta didik dibantu orang tuanya
dalam mengumpulkan tugas. Selain itu peran pedidik dari 123 peserta didik
terdapat 44 dengan nilai prsesentase 35, 78% menunjukan bahwa sebagian besar
peserta didik akan dijelaskan lagi oleh pendidik pada saat mengalami kesulitan
dalam memahami materi.
Simpulan secara umum, penelitian dilakukan untuk menganalisis minat belajar
matematika di SDN Kedungbanteng Tanggulangin Sidoarjo terdapat kesimpulan
akhir bahwa dari segi ketertarikan dalam mengumpulkan tugas tergolong rendah.
Actions (login required)
|
View Item |