PERAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI PUSTAKA)

YULIANTI, YULIANTI (2021) PERAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI PUSTAKA). [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210045_abstract.pdf

Download (487kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29965.html

Abstract

Yulianti. 2021. Peran Gerakan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar (Studi Pustaka). Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian literature review. Populasi yang digunakan yaitu dokumen tertulis mengenai penelitian Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Dokumen tertulis tersebut berupa buku dan artikel jurnal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi berupa artikel pada google scholar. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yaitu data collection, data condensation, data display, dan conclution drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dilaksanakan dengan 3 tahapan, yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. 2) berdasarkan hasil dari analisis tentang Gerakan Literasi Sekolah (GLS), GLS dapat meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. 3) terdapat faktor penghambat dan faktor pendukung dalam penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNafiah, NafiahNIDN0723128403nefi_23@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: GLS, Minat baca, Sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:45
Last Modified: 19 Jan 2024 09:03
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7465

Actions (login required)

View Item View Item