YULIANTI, YULIANTI
(2021)
PERAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI PUSTAKA).
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Yulianti. 2021. Peran Gerakan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar (Studi
Pustaka). Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA).
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam
meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
jenis penelitian literature review. Populasi yang digunakan yaitu dokumen tertulis mengenai
penelitian Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar.
Dokumen tertulis tersebut berupa buku dan artikel jurnal. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah teknik dokumentasi berupa artikel pada google scholar. Analisis data
menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yaitu data collection, data condensation, data
display, dan conclution drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dilaksanakan dengan 3 tahapan, yaitu tahap pembiasaan, tahap
pengembangan, dan tahap pembelajaran. 2) berdasarkan hasil dari analisis tentang Gerakan Literasi
Sekolah (GLS), GLS dapat meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. 3) terdapat faktor
penghambat dan faktor pendukung dalam penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam
meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar.
Actions (login required)
|
View Item |