PUTRI, ANINDYA MIRZA KURNIA
(2021)
PENGARUH MEDIA EDUCANDY PADA PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DARING SISWA KELAS IV SD NEGERI GANTING SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media Educandy terhadap motivasi
belajar daring siswa IV SD Ganting Sidoarjo, meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas yang
menggunkan media Educandy pada pembelajaran PPKn dan motivasi belajar siswa pada kelas yang
tidak menggunakan media Educandy pada pembelajaran PPKn. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IV SDN Ganting Kecamatan Gedangan Sidoarjoyang terdiri 2 kelas (rombel)
dengan jumlah seluruh siswanya 56 siswa, kelas 4A 28 dan kelas 4B 28 siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen (Quasi Experiment Design), Sugiono
(2016). bentuk desain Quasi Experiment yang di gunakan penelitian ini yaitu Nonequivalent control
group design hampir sama dengan presentposteest control group desain dengan teknik pengumpulan
data menggunakan kuesioner atau angket melalui surve kusioner secara langsung. Data yang
diperoleh diuji menggunakan statistic deskriptif melalui aplikasi SPSS.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa media educandy berpengaruh terhadap
motivasi belajar siswa kelas IV SDN Ganting Kabupaten Sidoarjo dengan nilai Sig sebesar 0,000,
media educandy pada pembelajaran PPKn berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dengan
eksperimen 32 siswa memperoleh minimum 88, skor tertinggi 99, rata-rata 93.06, presentase 100%
dan media ecucandy berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yang tidak menggunakan media
dengan eksperimen 32 siswa memperoleh minimum 44, sekor tertinggi 81 dan rata-rata 71.06,
presentase 56%.
Actions (login required)
|
View Item |