PENGARUH MEDIA EDUCANDY PADA PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DARING SISWA KELAS IV SD NEGERI GANTING SIDOARJO

PUTRI, ANINDYA MIRZA KURNIA (2021) PENGARUH MEDIA EDUCANDY PADA PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DARING SISWA KELAS IV SD NEGERI GANTING SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210036_abstract.pdf

Download (373kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29312.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media Educandy terhadap motivasi belajar daring siswa IV SD Ganting Sidoarjo, meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas yang menggunkan media Educandy pada pembelajaran PPKn dan motivasi belajar siswa pada kelas yang tidak menggunakan media Educandy pada pembelajaran PPKn. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Ganting Kecamatan Gedangan Sidoarjoyang terdiri 2 kelas (rombel) dengan jumlah seluruh siswanya 56 siswa, kelas 4A 28 dan kelas 4B 28 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen (Quasi Experiment Design), Sugiono (2016). bentuk desain Quasi Experiment yang di gunakan penelitian ini yaitu Nonequivalent control group design hampir sama dengan presentposteest control group desain dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket melalui surve kusioner secara langsung. Data yang diperoleh diuji menggunakan statistic deskriptif melalui aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa media educandy berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN Ganting Kabupaten Sidoarjo dengan nilai Sig sebesar 0,000, media educandy pada pembelajaran PPKn berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dengan eksperimen 32 siswa memperoleh minimum 88, skor tertinggi 99, rata-rata 93.06, presentase 100% dan media ecucandy berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yang tidak menggunakan media dengan eksperimen 32 siswa memperoleh minimum 44, sekor tertinggi 81 dan rata-rata 71.06, presentase 56%.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAkhwani, AkhwaniNIDN0719039101akhwani@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Media Educandy, Motivasi Belajar dan Pembelajaran PPKn.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 08:01
Last Modified: 12 Apr 2023 08:26
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7467

Actions (login required)

View Item View Item