MUSTOFA, NUR
(2021)
PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENGGUNAKAN METODE INKUIRI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 NGAGEL SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Latar belakang penelitian ini timbul dari sifat atau perilaku siswa yang merasa jenuh, ramai
sendiri dan tidak antusias dalam materi yang di ajarkan guru terutama mata pelajaran
matematika.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran Matematika
dengan menggunakan metode Inkuiri pada siswa kelas V di SDN Ngagel 01 Surabaya.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(Class Action Research), penelitian ini dilaksanakan pada semester 1 tahun ajaran
2020/2021 dalam dua siklus setiap sikus ada dua pertemuan. Subjek penelitian ni adalah
siswa kelas V SDN Ngagel 01 Surabaya yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, tes siswa. Sementara
instrument pengumpulan data menggunakan doukumentasi, obeservasi, tes dan
wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar
Matematika pada kelas V di SDN Ngagel 01 Surabaya, hasil menunjukkan pada saat
tindakan kelas siklus 1 yaitu diperoleh peningkatan hasil rata-rata kelas 2,96 % dengan
rincian data siswa aktif 22 siswa dan tidak aktif 6 siswa, hasil pada siklus 1 menunjukkan
bahwa presentase keaktifan siswa 65 %. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan
hasil keaktifan siswa 80 % untuk data siswa aktif 23 dan tidak aktif 5 siswa sehingga
memiliki kriteria perkembangan yang baik. Simpulan secara umum, penelitian yang
dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas V terdapat kesimpulan akhir
berada pada kategori tergolong memiliki perkembangan yang baik.
Actions (login required)
|
View Item |