HAMIDAH, ARUMI
(2021)
META ANALISIS PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sebelum dan sesudah
diterapkannya metode belajar sosiodrama dan meningkatkan hasil belajar siswa SD.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode meta analisis. Penelitia n
ini diawali dangan merumuskan topik yang akan diteliti, membuat rumusan masalah,
dan pada tahap terakhir yaitu menelusuri artikel yang relevan. Artikel yang
dikumpulkan dengan cara menelusuri jurnal online melalui google scholar dengan
kata kunci pencarian “ sosiodrama”, “hasil belajar”. Dari hasil penelusuran diperoleh
sebanyak 20 artikel dalam penelitian tapi yang relevan untuk digunakan hanya 10
artikel dalam penelitiannya yang sama yaitu hasil belajar dalam ranah kognitif.
Artikel yang diperoleh diolah kembali menggunakan metode kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis hasil belajar siswa SD dapat meningkat dengan nilai rata
rata sebelum diterapkan metode pembelajaran sosiodrama sebesar 61.41 mengala mi
meningkatan menjadi 75.09.
Actions (login required)
|
View Item |