ROHMAWATI, MILA
(2021)
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI YANG DILENGKAPI DENGAN PETUNJUK PERTANYAAN PADA SISWA KELAS II SD HANG TUAH 8 SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan adanya permasalahan pada siswa kelas II SD
Hang Tuah 8 Surabaya yang masih mengalami kesulitan dalam menulis karangan.
Menulis karangan deskripsi merupakan suatu keahlian dalam tulis menulis dan
harus ada dalam proses pembelajaran pada seluruh siswa sekolah dasar. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan
deskripsi melalui media gambar berseri yang dilengkapi dengan petunjuk
pertanyaan pada siswa kelas II SD Hang Tuah 8 Surabaya. Keterampilan menulis
karangan deskripsi dapat menjadikan siswa tidak hanya mengekspresikan buah
pikirannya saja, melaikan siswa diajarkan lebih trampil dalam menuangkan ide,
gagasan, pengalaman, dan sebagainya dalam sebuah tulisan. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek pada
penelitian ini yaitu siswa kelas II SD Hang Tuah 8 Surabaya yang berjumlah 25
siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu Jenis Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Metode penelitian yang digunakan meliputi: 1) Tahap perencanaan dan
persiapan 2) Tahap pelaksanaan tindakan 3) tahap observasi dan 4) Tahap
Refleksi. Dan pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis
data statistik deskriptif yaitu dengan mencari rerata. Hasil penelitian ini
berdasarkan dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa ada peningakatan
pada setiap siklusnya. Terlihat dari nilai rerata pada pratindakan sebesar 67,2
meningkat menjadi 71,02 pada siklus I dan pada siklus II menjadi 78,92.
Kesimpulan menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berseri yang
dilengkapi dengan petunjuk pertanyaan dapat meningkatkan keterampilan menulis
karangan deskripsi siswa kelas II SD Hang Tuah 8 Surabaya.
Actions (login required)
|
View Item |