UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI YANG DILENGKAPI DENGAN PETUNJUK PERTANYAAN PADA SISWA KELAS II SD HANG TUAH 8 SURABAYA

ROHMAWATI, MILA (2021) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI YANG DILENGKAPI DENGAN PETUNJUK PERTANYAAN PADA SISWA KELAS II SD HANG TUAH 8 SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210039_abstract.pdf

Download (371kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29525.html

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan adanya permasalahan pada siswa kelas II SD Hang Tuah 8 Surabaya yang masih mengalami kesulitan dalam menulis karangan. Menulis karangan deskripsi merupakan suatu keahlian dalam tulis menulis dan harus ada dalam proses pembelajaran pada seluruh siswa sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui media gambar berseri yang dilengkapi dengan petunjuk pertanyaan pada siswa kelas II SD Hang Tuah 8 Surabaya. Keterampilan menulis karangan deskripsi dapat menjadikan siswa tidak hanya mengekspresikan buah pikirannya saja, melaikan siswa diajarkan lebih trampil dalam menuangkan ide, gagasan, pengalaman, dan sebagainya dalam sebuah tulisan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas II SD Hang Tuah 8 Surabaya yang berjumlah 25 siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode penelitian yang digunakan meliputi: 1) Tahap perencanaan dan persiapan 2) Tahap pelaksanaan tindakan 3) tahap observasi dan 4) Tahap Refleksi. Dan pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif yaitu dengan mencari rerata. Hasil penelitian ini berdasarkan dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa ada peningakatan pada setiap siklusnya. Terlihat dari nilai rerata pada pratindakan sebesar 67,2 meningkat menjadi 71,02 pada siklus I dan pada siklus II menjadi 78,92. Kesimpulan menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berseri yang dilengkapi dengan petunjuk pertanyaan dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SD Hang Tuah 8 Surabaya.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayat, Muhammad ThamrinNIDN8858510016thamrin@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Menulis Karangan Deskripsi, Gambar Berseri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 08:15
Last Modified: 12 Apr 2023 08:27
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7473

Actions (login required)

View Item View Item