HIDAYATI, NUR ISNAINY
(2021)
PENGARUH APLIKASI YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS V DI SDN NGAGEL 1/394 SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui pengaruh aplikasi youtube
sebagai media pembelajaran daring pada materi ekosistem siswa kelas V di SDN
Ngagel 1/394 Surabaya. Pengaruh yang akan dilihat yaitu, apakah ada
peningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi youtube pada
materi ekosistem. Di dalam penelitian ini nantinya menggunakan salah satu jenis
penelitian dengan desain quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan
menggunakan rancangan kelompok Nonequivalent control group design. Subjek
Penelitian adalah siswa kelas VA SDN Ngagel 1/394 Surabaya tahun ajaran
2020/2021 yang berjumlah 25 siswa. Acuan yang digunakan dalam instrumen
penelitian ini ialah postest dan pretest yang berupa hasil belajar. Data postest dan
pretest dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil
penelitian, disimpulkan tiga hal berikut ini. Hasil belajar materi ekosistem siswa
sebelum menggunakan media aplikasi youtube pada siswa kelas V di SDN Ngagel
1/394 Surabaya secara umum pada kategori rendah. Hasil belajar materi
ekosistem siswa sesudah menggunakan media aplikasi youtube pada siswa kelas
V di SDN Ngagel 1/394 Surabaya secara umum pada kategori tinggi. Pengaruh
penggunaan media aplikasi youtube terhadap hasil belajar pada siswa kelas V di
SDN Ngagel 1/394 Surabaya. Hal ini didasarkan pada hasil uji paired sample ttest
nilai
signifikan
sebesar
0,000
lebih
kecil
dari
signifikan
0,05
(0,000
<
0,05),
sehingga
hipotesis
(
)
diterima.
Actions (login required)
|
View Item |