PENGARUH APLIKASI YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS V DI SDN NGAGEL 1/394 SURABAYA

HIDAYATI, NUR ISNAINY (2021) PENGARUH APLIKASI YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS V DI SDN NGAGEL 1/394 SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210040_abstract.pdf

Download (728kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29595.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui pengaruh aplikasi youtube sebagai media pembelajaran daring pada materi ekosistem siswa kelas V di SDN Ngagel 1/394 Surabaya. Pengaruh yang akan dilihat yaitu, apakah ada peningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi youtube pada materi ekosistem. Di dalam penelitian ini nantinya menggunakan salah satu jenis penelitian dengan desain quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan rancangan kelompok Nonequivalent control group design. Subjek Penelitian adalah siswa kelas VA SDN Ngagel 1/394 Surabaya tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 25 siswa. Acuan yang digunakan dalam instrumen penelitian ini ialah postest dan pretest yang berupa hasil belajar. Data postest dan pretest dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut ini. Hasil belajar materi ekosistem siswa sebelum menggunakan media aplikasi youtube pada siswa kelas V di SDN Ngagel 1/394 Surabaya secara umum pada kategori rendah. Hasil belajar materi ekosistem siswa sesudah menggunakan media aplikasi youtube pada siswa kelas V di SDN Ngagel 1/394 Surabaya secara umum pada kategori tinggi. Pengaruh penggunaan media aplikasi youtube terhadap hasil belajar pada siswa kelas V di SDN Ngagel 1/394 Surabaya. Hal ini didasarkan pada hasil uji paired sample ttest nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikan 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga hipotesis ( ) diterima.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayat, Muhammad ThamrinNIDN8858510016thamrin@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Youtube, Ekosistem, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 08:19
Last Modified: 12 Apr 2023 08:27
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7476

Actions (login required)

View Item View Item