ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS 4 DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI SDN CELEP SIDOARJO

RAHMAWATI, SINTA DEWI (2021) ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS 4 DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI SDN CELEP SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210041_abstract.pdf

Download (659kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29610.html

Abstract

Kemampuan Numerasi merupakan kemampuan untuk memperoleh, menafsirkan, menggunakan, mengomunikasikan, dan menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai macam angka dan simbol dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dan lain sebagainya. Rendahnya kemampuan numerasi di Indonesia dibuktikan melalui survei Programme For Indonesian Student Assessment (PISA), menunjukkan siswa Indonesia berada di peringkat 7 dari bawah (73) dengan skor rata-rata 379. Turun dari peringkat 63 pada tahun 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas 4 di SDN Celep Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, subjek penelitian ini yaitu siswa kelas 4 SDN Celep Sidoarjo yang berjumlah 11 siswa yang diberikan tes kemampuan numerasi. Kemudian diambil 3 kategori yaitu kemampuan di atas rata-rata (KAR), kemampuan sama dengan rata-rata (KSR), dan kemampuan di bawah rata-rata (KBR) untuk dilakukan tes wawancara. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes kemampuan numerasi dan lembar wawancara. Hasil dari tes wawancara 3 kategori tersebut yakni subjek KAR sudah mampu mencapai indikator kemampuan numerasi ditandai dengan dapat mennyelesaikan soal cerita matematika dengan tepat, subjek KSR sedikit mampu mencapai indikator kemampuan numerasi ditandai dengan dapat menyelsaikan soal cerita matematika namun jawabannya belum tepat, sedangkan subjek KBR belum mampu mencapai indikator kemampuan numerasi ditandai dengan tidak dapat menyelesaikan soal cerita matematika dengan tepat. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa kemampuan numerasi siswa kelas 4 SDN Celep Sidoarjo masih kurang. Saran yang direkomendasikan pada penelitian ini adalah: diharapkan peneliti lain mampu untuk melakukan tindak lanjut penelitian ini terkait analisis kemampuan numerasi.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHartatik, SriNIDN0706118102titax@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Numerasi, Menyelesaikan Masalah, Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 08:23
Last Modified: 12 Apr 2023 08:28
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7477

Actions (login required)

View Item View Item