RAHMAWATI, SINTA DEWI
(2021)
ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS 4 DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI SDN CELEP SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kemampuan Numerasi merupakan kemampuan untuk memperoleh,
menafsirkan, menggunakan, mengomunikasikan, dan menganalisis informasi
yang ditampilkan dalam berbagai macam angka dan simbol dalam bentuk tabel,
grafik, bagan, dan lain sebagainya. Rendahnya kemampuan numerasi di Indonesia
dibuktikan melalui survei Programme For Indonesian Student Assessment
(PISA), menunjukkan siswa Indonesia berada di peringkat 7 dari bawah (73)
dengan skor rata-rata 379. Turun dari peringkat 63 pada tahun 2015. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa dalam
menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas 4 di SDN Celep Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, subjek penelitian ini
yaitu siswa kelas 4 SDN Celep Sidoarjo yang berjumlah 11 siswa yang diberikan
tes kemampuan numerasi. Kemudian diambil 3 kategori yaitu kemampuan di atas
rata-rata (KAR), kemampuan sama dengan rata-rata (KSR), dan kemampuan di
bawah rata-rata (KBR) untuk dilakukan tes wawancara. Instrumen yang
digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes kemampuan numerasi dan
lembar wawancara. Hasil dari tes wawancara 3 kategori tersebut yakni subjek
KAR sudah mampu mencapai indikator kemampuan numerasi ditandai dengan
dapat mennyelesaikan soal cerita matematika dengan tepat, subjek KSR sedikit
mampu mencapai indikator kemampuan numerasi ditandai dengan dapat
menyelsaikan soal cerita matematika namun jawabannya belum tepat, sedangkan
subjek KBR belum mampu mencapai indikator kemampuan numerasi ditandai
dengan tidak dapat menyelesaikan soal cerita matematika dengan tepat.
Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa kemampuan numerasi siswa
kelas 4 SDN Celep Sidoarjo masih kurang. Saran yang direkomendasikan pada
penelitian ini adalah: diharapkan peneliti lain mampu untuk melakukan tindak
lanjut penelitian ini terkait analisis kemampuan numerasi.
Actions (login required)
|
View Item |