PENGARUH EDUKASI METODE CERAMAH DAN EMOTIONAL DEMONSTRATION (EMO-DEMO) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU BADUTA TENTANG ASI EKSKLUSIF

SIWI, ANGGRAINI GALIH RAKA (2020) PENGARUH EDUKASI METODE CERAMAH DAN EMOTIONAL DEMONSTRATION (EMO-DEMO) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU BADUTA TENTANG ASI EKSKLUSIF. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-GZ-200011_abstract.pdf

Download (784kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26762.html

Abstract

Kurangnya pengetahuan ibu baduta tentang ASI Eksklusif merupakan penyebab ibu tidak memberikan ASI secara Eksklusif kepada bayinya. Peningkatan pengetahuan ibu terkait ASI Eksklusif dapat ditingkatkan dengan adanya pendidikan kesehatan, salah satunya dengan edukasi, metode ceramah dan emo-demo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi metode ceramah dan emotional demonstration (emo-demo) terhadap tingkat pengetahuan ibu baduta tentang ASI Eksklusif . Jenis penelitian ini True-Eksperimental Designs dengan bentuk pre-test dan post-test. Terdiri dari 28 sampel ibu baduta, diambil dari 2 rukun tetangga di wilayah dusun margomulyo,wage. Penelitian ini terdapat 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dengan edukasi metode cermah dan kelompok intrvrensi dengan edukasi ceramah dan emo-demo. Data pre-test diambil sebelum intervrensi diberikan berupa edukasi tentang ASI Eksklusif sebanyak satu kali dengan edukasi metode ceramah dan edukasi metode ceramah dan emo-demo untuk, kemudian satu minggu berikutnya setelah pemberian intrvrensi data posttest diambil. Pengolahan data menggunakan uji paired sampel t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat pengetahuan sebelum dilakukannya edukasi pada kelompok kontrol bernilai 50% dan setelah dilakukan edukasi menjadi 85,7%,pada kelompok intervrensi bernilai 57,1% dan setelah dilakukannya edukasi meningkat menjadi 100%. Hasil uji statistik ada pengaruh edukasi metode ceramah dan emodemo terhadap tingkat pengetahuan ibu baduta tentang ASI Eksklusif dengan nilai kelompok kontrol p=0,006 dan kelompok intervrensi bernilai p=0,001. Hal ini menunjukkan jika terjadi perbedaan yang signifikan antara kelompok edukasi ceramah dengan emo-demo setelah diberikan edukasi. Diharapkan agar diadakan pelatihan kesehatan menggunakan metode Emo-Demo untuk ibu baduta dalam meningkatkan pengetahuan tentang ASI Eksklusif.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPutri, Pratiwi HariyaniNIDN0723038803pratiwi@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Edukasi Ceramah, Emo-Demo, ASI Eksklusif, Tingkat Pengetahuan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Nutrient
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:15
Last Modified: 24 Jan 2022 07:15
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7918

Actions (login required)

View Item View Item