THE READABILITY LEVEL OF READING TEXTS IN ENGLISH TEXTBOOK ENTITLED BAHASA INGGRIS FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS GRADE XII

FIRDAUS, ANITA (2020) THE READABILITY LEVEL OF READING TEXTS IN ENGLISH TEXTBOOK ENTITLED BAHASA INGGRIS FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS GRADE XII. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-IG-200001_abstract.pdf

Download (414kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27228.html

Abstract

Firdaus, Anita. 2020. Tingkat Keterbacaan Teks Bacaan dalam Buku Bahasa Inggris berjudul “Bahasa Inggris” Untuk Siswa SMA Kelas XII. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterbacaan teks bacaan dalam buku teks bahasa Inggris yang berjudul "Bahasa Inggris" untuk siswa SMA kelas XII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Peneliti mengukur tingkat keterbacaan teks bacaan dalam buku “Bahasa Inggris” menggunakan rumus Flesch Reading Ease. Peneliti mengukur 12 teks bacaan, yang merupakan keseluruhan teks bacaan di buku teks "Bahasa Inggris". Hasil analisis dari rumus Flesch Reading Ease, 12 teks bacaan pada buku teks "Bahasa Inggris" dikelompokkan menjadi 4 level, yaitu; cukup mudah, standar, cukup sulit, dan sulit. Dari 12 teks bacaan, hanya 1 teks yang sesuai untuk siswa SMA kelas XII yaitu teks 9, teks bacaan nomor 9 tersebut berdasarkan Flesch Reading Ease Score 50-60 yang berarti deskripsi gaya teksnya berada pada level cukup sulit. Dengan kata lain, sebagian besar teks dalam buku teks Bahasa Inggris kelas XII dikategorikan sebagai teks dengan kategori sulit. Dapat disimpulkan bahwa menurut teori Kemudahan Membaca Flesch teks bacaan dalam buku “Bahasa Inggris” tidak sesuai untuk siswa kelas XII.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuflihah, TatikNIDN0707107801miraicha@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Tingkat keterbacaan, Teks bacaan, Buku teks.
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Faculty of Technique > Program Study of Information Systems
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:30
Last Modified: 24 Jan 2022 07:30
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7931

Actions (login required)

View Item View Item