FIRDAUS, ANITA
(2020)
THE READABILITY LEVEL OF READING TEXTS IN ENGLISH TEXTBOOK ENTITLED BAHASA INGGRIS FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS GRADE XII.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Firdaus, Anita. 2020. Tingkat Keterbacaan Teks Bacaan dalam Buku Bahasa Inggris
berjudul “Bahasa Inggris” Untuk Siswa SMA Kelas XII. Skripsi. Program
Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterbacaan teks bacaan dalam buku
teks bahasa Inggris yang berjudul "Bahasa Inggris" untuk siswa SMA kelas XII.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif.
Peneliti mengukur tingkat keterbacaan teks bacaan dalam buku “Bahasa Inggris”
menggunakan rumus Flesch Reading Ease. Peneliti mengukur 12 teks bacaan, yang
merupakan keseluruhan teks bacaan di buku teks "Bahasa Inggris". Hasil analisis dari
rumus Flesch Reading Ease, 12 teks bacaan pada buku teks "Bahasa Inggris"
dikelompokkan menjadi 4 level, yaitu; cukup mudah, standar, cukup sulit, dan sulit.
Dari 12 teks bacaan, hanya 1 teks yang sesuai untuk siswa SMA kelas XII yaitu teks 9,
teks bacaan nomor 9 tersebut berdasarkan Flesch Reading Ease Score 50-60 yang
berarti deskripsi gaya teksnya berada pada level cukup sulit. Dengan kata lain, sebagian
besar teks dalam buku teks Bahasa Inggris kelas XII dikategorikan sebagai teks dengan
kategori sulit. Dapat disimpulkan bahwa menurut teori Kemudahan Membaca Flesch
teks bacaan dalam buku “Bahasa Inggris” tidak sesuai untuk siswa kelas XII.
Actions (login required)
|
View Item |