LAILI, ELA NUR
(2020)
THE USE OF GOOGLE CLASSROOM TO TEACH WRITING RECOUNT TEXT FOR SENIOR HIGH SCHOOL.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Laili, Ela Nur. 2020. Penggunaan Google Classroom untuk Mengajar Menulis Teks
Recount untuk Sekolah Menengah Atas. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan
Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul
Ulama Surabaya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Google Classroom efektif atau tidak
untuk meningkatkan tulisan teks recount pada siswa SMA dan untuk mengetahui performa
tulisan siswa setelah penggunaan Google Classroom. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif yaitu penelitian pre-eksperimental. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA
kelas X di Surabaya Barat, yang melibatkan 15 siswa sebagai sampel penelitian ini. Dalam
proses pengumpulan data, peneliti menggunakan pre-test, post-test, dan kuisioner. Peneliti
menggunakan jurnal guru sebagai pengganti pre-test karena kondisi yang tidak mendukung
untuk mendistribusikannya di dalam kelas. Setelah data tersebut diuji maka ditemukan
bahwa data tidak berdistribusi normal. Oleh karenanya peneliti menggunakan Wilcoxon
Ranks Test untuk menguji hipotesis yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan Google
Classroom. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) lebih
tinggi dari pada level signifikan (0.088>0.05), maka Ho diterima. Itu berarti tidak ada nilai
signifikansi keefektifan pada hasil performa tulisan siswa dalam teks recount dengan
menggunakan Google Classroom. Hasil performa tulisan siswa adalah intensif. Selain itu,
hasil dari kuisioner menunjukkan bahwa respon siswa netral, hal tersebut terjadi karena
mereka tidak mendapatkan dukungan paket data internet dan jaringan dalam menggunakan
Google Classroom. Peneliti mengharap peneliti selanjutnya terkai penggunan Google
Classroom untuk menyediakan platform lain agar mendukung Google Classroom sehingga
memperoleh sudut pandang baru kepada penelitian selanjutnya.
Actions (login required)
|
View Item |