THE USE OF GOOGLE CLASSROOM TO TEACH WRITING RECOUNT TEXT FOR SENIOR HIGH SCHOOL

LAILI, ELA NUR (2020) THE USE OF GOOGLE CLASSROOM TO TEACH WRITING RECOUNT TEXT FOR SENIOR HIGH SCHOOL. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-IG-200003_abstract.pdf

Download (592kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27262.html

Abstract

Laili, Ela Nur. 2020. Penggunaan Google Classroom untuk Mengajar Menulis Teks Recount untuk Sekolah Menengah Atas. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Google Classroom efektif atau tidak untuk meningkatkan tulisan teks recount pada siswa SMA dan untuk mengetahui performa tulisan siswa setelah penggunaan Google Classroom. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu penelitian pre-eksperimental. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA kelas X di Surabaya Barat, yang melibatkan 15 siswa sebagai sampel penelitian ini. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan pre-test, post-test, dan kuisioner. Peneliti menggunakan jurnal guru sebagai pengganti pre-test karena kondisi yang tidak mendukung untuk mendistribusikannya di dalam kelas. Setelah data tersebut diuji maka ditemukan bahwa data tidak berdistribusi normal. Oleh karenanya peneliti menggunakan Wilcoxon Ranks Test untuk menguji hipotesis yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan Google Classroom. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) lebih tinggi dari pada level signifikan (0.088>0.05), maka Ho diterima. Itu berarti tidak ada nilai signifikansi keefektifan pada hasil performa tulisan siswa dalam teks recount dengan menggunakan Google Classroom. Hasil performa tulisan siswa adalah intensif. Selain itu, hasil dari kuisioner menunjukkan bahwa respon siswa netral, hal tersebut terjadi karena mereka tidak mendapatkan dukungan paket data internet dan jaringan dalam menggunakan Google Classroom. Peneliti mengharap peneliti selanjutnya terkai penggunan Google Classroom untuk menyediakan platform lain agar mendukung Google Classroom sehingga memperoleh sudut pandang baru kepada penelitian selanjutnya.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuflihah, TatikNIDN0707107801miraicha@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Google Classroom, Menulis, Teks Recount.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of English Language Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:41
Last Modified: 24 Jan 2022 07:41
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7940

Actions (login required)

View Item View Item