THE INFLUENCE OF USING MIND MAPPING TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS WRITING SKILL IN DESCRIPTIVE TEXT AT JUNIOR HIGH SCHOOL: META-ANALYSIS

NURANI, ATIKA AYU (2020) THE INFLUENCE OF USING MIND MAPPING TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS WRITING SKILL IN DESCRIPTIVE TEXT AT JUNIOR HIGH SCHOOL: META-ANALYSIS. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-IG-200006_abstract.pdf

Download (403kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27320.html

Abstract

Nurani, Atika Ayu. 2020. Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping Terhadap Keterampilan Menulis Siswa dalam Teks Deskripsi di SMP: MetaAnalysis. Skripsi. S1 Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh teknik mind mapping terhadap hasil belajar keterampilan menulis teks deskriptif siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta-analisis. Langkah pertama peneliti merumuskan masalah kemudian melanjutkan pengumpulan data penelitian melalui pencarian google scholar. Dari hasil pencarian diperoleh 6 artikel dari jurnal dan 4 skripsi yang relevan. Data yang diperoleh diolah kembali dengan menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis, teknik mind mapping efektif untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis teks deskriptif siswa SMP. Skor sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan teknik mind mapping menyajikan skor perbedaan yang signifikan dari yang terendah 8,03% hingga tertinggi 67,68% dengan peningkatan rata-rata 27,36%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan teknik mind mapping terhadap hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis khususnya teks deskriptif di tingkat SMP.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSaputri, TiyasNIDN0718028506tiyass@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: mind mapping, meta analisis, teks deskripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of English Language Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:52
Last Modified: 24 Jan 2022 07:52
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7952

Actions (login required)

View Item View Item