NURANI, ATIKA AYU
(2020)
THE INFLUENCE OF USING MIND MAPPING TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS WRITING SKILL IN DESCRIPTIVE TEXT AT JUNIOR HIGH SCHOOL: META-ANALYSIS.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Nurani, Atika Ayu. 2020. Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping Terhadap
Keterampilan Menulis Siswa dalam Teks Deskripsi di SMP: MetaAnalysis.
Skripsi.
S1
Pendidikan
Bahasa
Inggris.
Fakultas
Keguruan
dan
Ilmu
Pendidikan.
Universitas
Nahdlatul
Ulama
Surabaya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh teknik mind mapping
terhadap hasil belajar keterampilan menulis teks deskriptif siswa SMP. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta-analisis. Langkah pertama
peneliti merumuskan masalah kemudian melanjutkan pengumpulan data penelitian
melalui pencarian google scholar. Dari hasil pencarian diperoleh 6 artikel dari
jurnal dan 4 skripsi yang relevan. Data yang diperoleh diolah kembali dengan
menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis, teknik mind mapping
efektif untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis teks deskriptif siswa
SMP. Skor sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan teknik mind mapping
menyajikan skor perbedaan yang signifikan dari yang terendah 8,03% hingga
tertinggi 67,68% dengan peningkatan rata-rata 27,36%. Berdasarkan hasil tersebut,
maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan teknik mind mapping
terhadap hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis khususnya teks deskriptif
di tingkat SMP.
Actions (login required)
|
View Item |