NINGRUM, SENDY APRINIKA
(2020)
EDUCATIONAL VALUES IN TETSUKO KUROYANAGIS TOTTO-CHAN: THE LITTLE GIRL AT THE WINDOW.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Ningrum, Sendy Aprinika. (2020). Educational Values in Tetsuko Kuroyanagi’s Tottochan:
The Little Girl at the Window. Undergraduate Thesis. S1 English
Education Department. Faculty of Teacher Training and Education.
Nahdlatul Ulama University of Surabaya.
Permasalahan dalam pembelajaran di sekolah tidak hanya berkaitan dengan
intelligence quotient, tetapi juga nilai-nilai yang dimiliki oleh siswa. Salah satu
masalah umum adalah ketidak disiplinan yang ditandai dengan tindakan atau perilaku
yang bertentangan dengan peraturan yang dikenal sebagai ketidakdisiplinan.
Permasalahan ketidakdisiplinan yang sering terjadi di sekolah dipicu oleh kurangnya
nilai-nilai yang dapat menyebabkan rendahnya kualitas pembangunan. Faktanya,
banyak penelitian menyatakan bahwa nilai-nilai dalam pendidikan memainkan peran
penting dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan pada Tomoe Gakuen dalam novel Tetsuko
Kuroyanagi berjudul Totto-Chan: The Little Girl at the Window dan menunjukkan
korelasi antara nilai pendidikan dan pembelajaran. Dalam penelitian kualitatif
deskriptif ini, analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan nilai-nilai berdasarkan
fakta yang terdapat dalam novel. Studi ini menemukan lima nilai pendidikan:
kemandirian, tanggung jawab, motivasi, percaya diri, dan pekerja keras. Seperti yang
diindikasikan dalam novel, mereka sangat penting bagi perkembangan manusia,
khususnya bagi siswa dalam pembelajaran. Kesimpulannya, pendidikan nilai
mempengaruhi dan mendukung pembelajaran di sekolah.
Actions (login required)
|
View Item |