OKTAVIANA, FIRDA
(2020)
HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK SYAFINA SIDOTOPO WETAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Perkembangan sosial anak usia prasekolah adalah suatu proses perubahan
yang terus menerus pada anak dimana anak belajar untuk berinteraksi mandiri dan
bersosialiasi dengan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan personal sosial pada anak usia
prasekolah di TK Syafina Sidotopo Wetan Surabaya.
Desain penelitian ini adalah analitik korelasional dengan pendekatan bersifat
crosssectional. Populasi sebagian orang tua dan anak usia prasekolah di TK Syafina
Sidotopo Wetan Surabaya. Besar sampel pada penelitian ini berjumlah 67 orang.
Teknik yang di gunakan yaitu cluster sampling. Instrumen yang di gunakan adalah
kuesinoner. Analisis data menggunakan uji chi-square.
Hasil penelitian menunjukkan dari 67 responden adalah (46,3%) 31 orang tua
memiliki pola asuh otoriter, (29,9%) 20 orang memiliki pola asuh permisif, (20,9%)
14 orang memiliki pola asuh demokratis dan (3,0) 2 orang memiliki pola asuh
penelantaran. Perkembangan sosial normal (67,2%) 45 anak dan abnormal (32,8%)
22 anak. Hasil analisis diperoleh dari nilai α = 0,05 didapatkan hasil ρ = 0,045 berarti
ρ < α = 0,05
Simpulan pada penelitian ini bahwa ada hubungan yang signifikan antara pola
asuh orang tua dengan perkembangan sosial pada anak usia prasekolah di TK Syafina
Sidotopo Wetan. Diharapkan bagi orang tua untuk memberikan pengasuhan yang
tepat sehingga anak-anak dapat mencapai perkembangan secara optimal dan untuk
mengevaluasi setiap tindakan perkembangan pada anak
Actions (login required)
|
View Item |