LAILIH, ANIS NURUL
(2020)
PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN MENGENAI MENARCHE PADA SISWI KELAS 5 SD DI MINU WARU 1 KUREKSARI WARU SIDOARJO.
Other thesis, University of Nahdlatul Ulama Surabaya.
Abstract
Sebagian besar remaja putri menunjukkan reaksi negatif terhadap
Menarche, seperti perasaan bingung, cemas, dan tidak nyaman , yang disebabkan
oleh kurangnya informasi dan pengetahuan mengenai menarche. Salah satu cara
untuk meningkatkan pengetahuan remaja putri adalah memberikan pendidikan
kesehatan melalui video animasi mengenai menache. Tujuan penelitian ini untuk
menganalisis pengaruh Pendidikan Kesehatan melalui video animasi terhadap
pengetahuan mengenai Menarche pada siswi kelas 5 SD di MINU Waru 1 Kureksari
Waru Sidoarjo.
Desain penelitian ini Pra-experimental dengan pendekatan One Group prepost
test design. Populasi adalah seluruh siswi kelas 5 yang belum mengalami
menarche di MINU Waru 1 Kureksari Waru Sidoarjo sebesar 43 siswi dan jumlah
sampel sebesar 38 siswi. Pengambilan sampel menggunakan probability sampling
dengan teknik simple random sampling dan menggunakan instrumen kuesioner
pengetahuan mengenai menarche sebagai alat ukur, selanjutnya data dianalisis
menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank Test.
Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang disignifikan terhadap
pengetahuan mengenai menarche sebelum dan sesudah diberikan pendidikan
kesehatan melalui video animasi mengenai menarche (p=0,000), yang berarti terjadi
peningkatan pengetahuan sesudah diberikan pendidikan kesehatan melalui video
animasi mengenai menarche.
Simpulan penelitian yaitu pendidikan kesehatan berupa ini dapat
meningkatkan pengetahuan mengenai menarche pada siswi kelas 5, diharapkan
pendidikan kesehatan mengenai menarche rutin diberikan oleh sekolah untuk
mencegah reaksi negatif pada siswi tehadap menarche.
Actions (login required)
|
View Item |