HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN GAME ONLINE DENGAN KEJADIAN AGRESIVITAS PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN KREMBANGAN UTARA 1 SURABAYA

ISLAMI, WAHYU DIAN (2020) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN GAME ONLINE DENGAN KEJADIAN AGRESIVITAS PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN KREMBANGAN UTARA 1 SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-KP-200135_abstract.pdf

Download (415kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27238.html

Abstract

Perilaku agresif pada anak dapat dipengaruhi dari lingkungan seperti penggunaan game. Game tidak hanya memberikan hiburan tapi juga membuat anak terpengaruh, ini dikarenakan otak anak mengalami social learning theory yang menyatakan game online yang agresif, akan menstimulasi prilaku agresive pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan game online dengan kejadian agresivitas pada anak usia sekolah di SDN Krembangan Utara 1 Surabaya. Desain Penelitian ini dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa - siswi kelas 4 dan 5 di SDN Krembangan Utara 1 Surabaya yang sebesar 178 anak. Besar sampel penelitian ini sebesar 124 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan propotionate stratifiet random sampling. Penelitian ini terdapat variabel independen penggunaan game online dan variabel dependen kejadian agresivitas. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Rank Spearman dengan tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian dari 124 responden terdapat 87 responden sebagian besar (70,2%) dengan penggunaan game online tinggi. Dari 124 responden terdapat 69 responden sebagian besar 59,7% dengan kejadian agresivitas sedang. Analisis lebih lanjut menggunakan uji Spearman’s rho dengan tingkat kemaknaan  = 0,05, didapatkan bahwa ρ = 0,013 yang berarti ρ < α maka H0 ditolak yang artinya ada hubungan antara penggunaan game online dengan kejadian agresivitas pada anak usia sekolah di SDN Krembangan Utara 1 Surabaya. Simpulan dari penelitian ini penggunaan game online tinggi dapat menyebabkan kejadian agresivitas sedang. Diharapka orang tua dapat mengajarkan kedisiplinan waktu bermain game pada anak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUmamah, FaridaNIDN0707057702umamahfarida@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Game Online, Kejadian Agresivitas.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:41
Last Modified: 25 Jan 2022 03:41
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8113

Actions (login required)

View Item View Item