ISLAMI, WAHYU DIAN
(2020)
HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN GAME ONLINE DENGAN KEJADIAN AGRESIVITAS PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN KREMBANGAN UTARA 1 SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Perilaku agresif pada anak dapat dipengaruhi dari lingkungan seperti
penggunaan game. Game tidak hanya memberikan hiburan tapi juga membuat anak
terpengaruh, ini dikarenakan otak anak mengalami social learning theory yang
menyatakan game online yang agresif, akan menstimulasi prilaku agresive pada
anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan game
online dengan kejadian agresivitas pada anak usia sekolah di SDN Krembangan
Utara 1 Surabaya.
Desain Penelitian ini dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa - siswi kelas 4 dan 5 di SDN Krembangan Utara
1 Surabaya yang sebesar 178 anak. Besar sampel penelitian ini sebesar 124
responden, teknik pengambilan sampel menggunakan propotionate stratifiet
random sampling. Penelitian ini terdapat variabel independen penggunaan game
online dan variabel dependen kejadian agresivitas. Instrumen pengumpulan data
menggunakan lembar kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Rank
Spearman dengan tingkat signifikansi α = 0,05.
Hasil penelitian dari 124 responden terdapat 87 responden sebagian besar
(70,2%) dengan penggunaan game online tinggi. Dari 124 responden terdapat 69
responden sebagian besar 59,7% dengan kejadian agresivitas sedang. Analisis lebih
lanjut menggunakan uji Spearman’s rho dengan tingkat kemaknaan = 0,05,
didapatkan bahwa ρ = 0,013 yang berarti ρ < α maka H0 ditolak yang artinya ada
hubungan antara penggunaan game online dengan kejadian agresivitas pada anak
usia sekolah di SDN Krembangan Utara 1 Surabaya.
Simpulan dari penelitian ini penggunaan game online tinggi dapat
menyebabkan kejadian agresivitas sedang. Diharapka orang tua dapat mengajarkan
kedisiplinan waktu bermain game pada anak.
Actions (login required)
|
View Item |