PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM APLIKASI ZOOM DI KELAS V SDIQU AL-BAHJAH 03 TULUNGAGUNG

NAIM, ROICHATUL (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM APLIKASI ZOOM DI KELAS V SDIQU AL-BAHJAH 03 TULUNGAGUNG. Other thesis, University of Nahdlatul Ulama Surabaya.

[img]
Preview
PDF
SR-PPG-200008_abstract.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27589.html

Abstract

Munculnya esulitan siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal pada pembelajaran tematik pada saat pembelajaran daring dipengaruhi oleh beberapa faktor yang saling berkaitan. Salah satu faktornya adalah metode yang diterapkan oleh guru dalam menyampaikan materi. Selama ini strategi pembelajaran di kelas didominasi oleh paham behaviorisme yang bertujuan siswa mengingat informasi yang faktual. Buku teks dirancang, siswa membaca atau di beri informasi, lalu terjadi proses memori. Pemilihan metode pembelajaran harus sesuai dengan materi yang diajarkan. Penggunaan pendekatan pembelajaran saintifik diharapkan mampu membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar siswa, membantu keaktifan proses pembelajaran, menarik dan mengarahkan siswa untuk berkonsentrasi terhadap isi pelajaran, memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi yang diberikan,dan membawa variasi baru dalam kesegaran belajar. Berdasarkan hasil observasi, penulis merumuskan masalah: “Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Melalui Pendekatan Saintifik dalam Aplikasi Zoom di Kelas V Sdiqu Al-Bahjah 03 Tulungagung?”. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik khususnya dalam pembelajaran daring. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V Sdiqu Al Bahjah 33 Tulungagung, dengan jumlah siswa 22 orang siswa yang semuanya perempuan. Penerapan pendekatan pembelajaran Saintifik pada siswa kelas V Sdiqu Al Bahjah 3 Tulungagung pada pembelajaran tematik terdiri dari 5 tahapan yang harus di lakukan oleh siswa. Tahapan tersebut adalah Mengamati, Menanya, Menalar, Mengumpulkan data dan Mengkomunikasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan adanya penerapan pendekatan Saintifik di kelas V Sdiqu Al Bahjah 3 Tulungagung. Hal ini terlihat dari kenaikan prosentase ketuntasan belajar siswa dari Siklus I sampai siklus III. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 59% mengalami kenaikan pada siklus II dan pada siklus III menjadal ini terlihat dari kenaikan prosentase ketuntasan belajar siswa dari Siklus I sampai siklus III. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 59% mengalami kenaikan pada siklus II menjadi 73 % dan pada siklus III menjadi 86%.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJoesidawati, Marita IkaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 25 Jan 2022 06:51
Last Modified: 25 Jan 2022 06:51
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8189

Actions (login required)

View Item View Item