NAIM, ROICHATUL
(2020)
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM APLIKASI ZOOM DI KELAS V SDIQU AL-BAHJAH 03 TULUNGAGUNG.
Other thesis, University of Nahdlatul Ulama Surabaya.
Abstract
Munculnya esulitan siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal pada
pembelajaran tematik pada saat pembelajaran daring dipengaruhi oleh beberapa faktor
yang saling berkaitan. Salah satu faktornya adalah metode yang diterapkan oleh guru
dalam menyampaikan materi. Selama ini strategi pembelajaran di kelas didominasi oleh
paham behaviorisme yang bertujuan siswa mengingat informasi yang faktual. Buku teks
dirancang, siswa membaca atau di beri informasi, lalu terjadi proses memori. Pemilihan
metode pembelajaran harus sesuai dengan materi yang diajarkan. Penggunaan
pendekatan pembelajaran saintifik diharapkan mampu membangkitkan motivasi dan
rangsangan kegiatan belajar siswa, membantu keaktifan proses pembelajaran, menarik
dan mengarahkan siswa untuk berkonsentrasi terhadap isi pelajaran, memperlancar
pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi yang diberikan,dan
membawa variasi baru dalam kesegaran belajar.
Berdasarkan hasil observasi, penulis merumuskan masalah: “Bagaimana Peningkatan
Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Melalui Pendekatan Saintifik dalam
Aplikasi Zoom di Kelas V Sdiqu Al-Bahjah 03 Tulungagung?”. Tujuan penelitian ini
dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik
khususnya dalam pembelajaran daring. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V
Sdiqu Al Bahjah 33 Tulungagung, dengan jumlah siswa 22 orang siswa yang semuanya
perempuan.
Penerapan pendekatan pembelajaran Saintifik pada siswa kelas V Sdiqu Al
Bahjah 3 Tulungagung pada pembelajaran tematik terdiri dari 5 tahapan yang harus di
lakukan oleh siswa. Tahapan tersebut adalah Mengamati, Menanya, Menalar,
Mengumpulkan data dan Mengkomunikasikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan
adanya penerapan pendekatan Saintifik di kelas V Sdiqu Al Bahjah 3 Tulungagung. Hal
ini terlihat dari kenaikan prosentase ketuntasan belajar siswa dari Siklus I sampai siklus III. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 59% mengalami kenaikan pada
siklus II dan pada siklus III menjadal ini terlihat dari kenaikan prosentase ketuntasan
belajar siswa dari Siklus I sampai siklus III. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa
mencapai 59% mengalami kenaikan pada siklus II menjadi 73 % dan pada siklus III
menjadi 86%.
Actions (login required)
|
View Item |